Polri Harus Hargai Hak Sekuriti

Maret 14, 2010 at 6:19 pm Tinggalkan komentar

Sekuriti sebagai garda terdepan dan yang paling banyak menerima risiko paling tinggi, terutama dalam menghadapi ancaman terorisme sebagai mitra Polri, memiliki tugas yang sangat berat. Keberadaannya menjaga obyek-obyek vital di kawasan industri seharusnya menjadi mitra yang bisa diandalkan Polri, dan bukan menjadi momok bagi Polri dalam bertugas.

Oleh : Heru Lianto

Bulan Juli menjadi momen penting bagi kepolisian dalam menertibkan sekuriti yang mengenakan seragam dan atribut sesuai ketentuan Perkap No 24/2007 tentang Sistem Manajeman Pengamanan yang dianjurkan Polri. Beberapa razia yang dilakukan Polri terkesan arogan, karena harus mengerahkan puluhan personil dalam melucuti anggota sekuriti di tempat yang dianggap melanggar itu.

Tindakan ini, bagi Jaringan Kerjasama Indonesia (JKI) yang fokus menyoroti masalah security di Indonesia telah banyak merugikan Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) dan anggota itu sendiri. Pasalnya, pemaksaan pemakaian seragam resmi ini seharusnya butuh waktu beberapa bulan dan serta merta.

Akibatnya banyak personil sekuriti kurang percaya diri saat bertugas. Terjadi demoralisasi sebagai satuan yang sesungguhnya dilindungi Undang-undang No 2/2002 pasal 3 c dalam membantu tugas-tugas kepolisian negara.

Menurut Ketua Umum JKI, M Ali Ahmad, pada dasarnya penertiban seragam itu baik. Akan tetapi tindakan Polri yang menggrebek personil sekuriti yang mengenakan seragam di luar aturan Polri di beberapa tempat menjadi preseden buruk bagi Polri sebagai mitra sekuriti yang seharusnya dibina dengan baik dan santun.

Sekuriti sebagai garda terdepan dan yang paling banyak menerima risiko paling tinggi, terutama dalam menghadapi ancaman terorisme sebagai mitra Polri, memiliki tugas yang sangat berat. Keberadaannya menjaga obyek-obyek vital di kawasan industri seharusnya menjadi mitra yang bisa diandalkan Polri, dan bukan menjadi momok bagi Polri dalam bertugas.

Keduanya seharusnya bersinergi untuk keamanan Tanah Air ini, dan bukan malah mengurusi seragam dan atribut yang kurang penting. Selain itu, yang lebih penting lagi adalah bagaimana Polri sebagai pengayom pamswakarsa menjadi pembina yang baik dan pengawas yang awas. Sehingga tim sekuriti yang lahir dari tangan-tangan Polri menjadi produktif, dan bukan malah dikejar-kejar karena seragam dan atributnya.

Dalam industri jasa pengamanan, hampir setiap Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) yang berkualitas berupaya semaksimal untuk menunjukkan keunggulan profesionalisme. Masyarakat dan Polri khususnya diharapkan dapat mendukung BUJP yang memiliki program pendidikan khusus bagi petugas sekuriti. Seperti keahlian menyelam, beladiri khusus, security fire & safety, pengenalan bahan peledak, dan keterampilan kerja lainnya.

Biarkan tim sekuriti kreatif dengan ide-idenya selagi tidak mengganggu tugas Polri. Karena mereka juga punya hak dan butuh pengakuan bahwa mereka bisa dan mampu. Polri hendaknya menertibkan masalah yang lebih besar lagi, yaitu penertiban BUJP yang melanggar ijinnya. Karena banyak perusahaan BUJP yang menyalahgunakan perijinan.

Selain itu, Polri juga harus membatasi perusahaan sekuriti yang kini semakin membengkak jumlahnya. Terpenting lagi, Polri harus memberikan kualifikasi perusahaan menurut tingkatannya. Tidak semua perusahaan sekuriti dipukul rata sama, sehingga ketika perusahaan membutuhkan sekuriti sudah bisa memilih berdasarkan kualifikasi itu

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

AMSI : Security Itu Harus Berkualitas AMSI : Organisasi yang Memperjuangkan Security

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


SAVE PALESTINA


FREE PALESTINE | CONDEMN ISRAELI OCCUPATION


Maret 2010
S S R K J S M
    Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Top Rated

Blog Stats

  • 12,410 hits

Tuker Link

Link to us, we did link you back :

Kolom blog tutorial

Kolom blog tutorial

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Pembaca Blog-Ku

      

Heru Lianto       

Chatt With Me

                   

Save Gaza


%d blogger menyukai ini: