Muslimin Akib : Meniti Karir Dari Nol

Maret 14, 2010 at 6:27 pm 5 komentar

Di Tahun 1981, anak dari putra Halidi ini akhirnya dinyatakan lulus ketika mengikuti seleksi Calon Taruna (Catar), di Makasar. Dukungan dari Kakak dan orang tuanya pun datang agar Ia bersemangat dalam menempuh pendidikan tersebut

Oleh : Heru Lianto

Walaupun dibesarkan dari keluarga petani, akhirnya dengan kemauan yang keras, ulet, tekun, dan rajin belajar, mengantarkan Dia menjadi seorang Kolenel Infanteri, dengan menjabat sebagai Komandan Brigif Linud 17 Kujang I Kostrad. Inilah figur dari seorang Muslimin Akib.

Akib berasal Sengkaeng, Sulawesi Selatan. Ia dilahirkan sebagai anak ke empat dari 8 bersaudara. Masa kecilnya dilalui dengan penuh perjuangan demi tercapai cita-cita dan keinginannya. Mulai dari mencangkul sawah, kerja di empang, berkebun kelapa dan cengkeh, sampai beternak ayam pun dilakoninya.

”Untuk mendapatkan uang jajan sekolah, Saya memanfaatkan waktu menjual minyak tanah di pasar. Terlebih lagi, pada acara 17 Agustus-an, waktu tersebut Saya gunakan untuk menjual permen, rasanya itu sangat menyenangkan bisa menghasilkan uang jajan sendiri, dan bisa membeli kaos yang bertuliskan Gembel (Gemar Belajar ), ”Ucap Akib mengenang masa kecilnya.

Pria kelahiran 19 Januari 1960 ini . Sebelumnya, tidak tertarik untuk menjadi seorang tentara. Namun, nasib berkata lain kepada-nya. Ketika Ia menginjak bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas satu di Belopa, Sulsel. Informasi mengenai tentang daya tarik AKABRI (Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) datang dari teman-temannya. Dari sinilah kemudian timbul niat Akib untuk mempersiapkan diri menjadi seorang tentara.

Di Tahun 1981, anak dari putra Halidi ini akhirnya dinyatakan lulus ketika mengikuti seleksi Calon Taruna (Catar), di Makasar. Dukungan dari Kakak dan orang tuanya pun datang agar Ia bersemangat dalam menempuh pendidikan tersebut.

”Disini ada kesan yang tidak pernah Saya lupakan. Di Stadion Panca Arga,pada waktu dikumpalkan semua Catar, nama Saya dipanggil pertama. Saya Pikir, nama yang disebut itu adalah orang yang tidak lulus. Tetapi ternyata sebaliknya, Saya termasuk salah satu orang yang lulus. Padahal sebelumnya, Saya sudah di antar oleh Provost ke truk waktu itu. Nah, Sayapun ikut bingung dipertengahan jalan, karena saya tidak tahu Jawa. Yang saya pikir ketika berada di truk tersebut, bagaimana saya bisa sampai ke Makasar. Eh, ternyata truk itu kembali lagi masuk lewat pintu belakang” Ujarnya, menceritakan selama Ia menempuh pendidikan di Magelang.

Pada Tahun 1985, Akib pun secara sempurna menyelesaikan pendidikannya selama 4 Tahun, dengan pangkat Letda sesuai Skep Kasad. Di saat itu pula, Akib langsung menyempatkan diri untuk bersujud syukur kepada tuhan yang maha esa, serta mengirimkan doa kepada kedua orang tuanya.

Perjalanan Karier

Awal karier Muslimin Akib, dimulai ketia Ia bertugas di satuan Kostrad Yonif 514 Sabada Yudha, Bondowoso, Jawa Timur, dengan jabatan Danton. Selanjutnya, Letkol Inf Endriartono Sutarto (Mantan Panglima TNI) memberikan kesempatan kepada Akib untuk mengikuti Sekolah Suspatih OLI (Operasi Lawan Insurjensi), yakni Sekolah Khusus Pelatihan perang perang gerilya

Selepas kursus OLI pada tahun 1996, lelaki yang sering puasa Senin-Kamis ini bergabung dengan senior yang terlebih dahulu berada di Timor-timur sebagai staf Khusus Koopskam yang bertugas menyelengarakan latihan penyegaran selama 15 hari di Tolitolu, untuk setiap satuan yang baru datang di Timtim. Setelah bertugas selama 3 tahun berturut-turut dan berakhir pada tahun 1989. Pada tahun 1992 Akib pindah ke Yonif Linud 503 dengan menduduki jabatan Kepala Seksi Operasi.

Kemudian di tahun yang sama, Yonif Linud 503 mendapat kepercayaan bertugas ke Kamboja (Garuda XII-A) di bawah misi UNTAC yang di pimpin oleh Letkol Inf Erwin Sujono. Di tahun 1996, Akib kembali mengikuti Sekolah Kursus Lanjutan Perwira dan kembali ke Kostrad dengan jabatan terakhir Kasiops Brigif Linud 18, di Jabung, Malang. Lalu, pada tahun 1998, Akib kembali dipercaya untuk menjabat Wadan Yonif Linud 501 di Madiun sekitar 6 bulan lamanya, kemudian Ia pun pindah ke Markas Divisi Infanteri 2 Kostrad di Singosari, Malang, dengan jabatan kasiops Sops Divisi.

Pada tahun yang sama, ayah dari Habib Pandu Wibowo, ini diberi kepercayaan mengikuti pendidikan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad). Setelah selesai menempuh pendidikan itu pada tahun 2000, Akib diberi jabatan sebagai Komandan Yonif Linud 503. Sedangkan di Tahun 2002 – 2006, Akib menjabat Kepala Staf Brigif Linud 17 Kujang, dimana nama Kesatuan Kujang ini merupakan satuan tempur yang disegani baik kawan maupun lawan.

Kini, semenjak tahun 2007 hingga sekarang. Isri dari Mayor Cks.Drg. Sosiawati, setelah menerima serah jabatan pada Tanggal 11 Januari 2008, masih menjabat sebagai Komandan Brigif Linud 17 Kujang I Kostrad, dengan membawahi 3 Batalyon Linud, diantaranya 328 di Cilodong, 305 di Karawang, 330 di Bandung, dan Dataseman sendiri adalah markas.

Tak heran, bila dibawah payung komando (Akib). Brigif Linud 17 Kujang I Kostrad, berhasil mengait prestasi Juara Umum lomba tembak TNI-AD Tahun 2004. Sedangkan, belum lama ini di bulan April 2009 , meraih prestasi juara umum panjat tebing dalam rangka Kasad Cup III TA 2009. kemudian untuk lomba tembak luar negeri seperti AARM (Asean Armies Rifle Meet), BISAM (Brunai Internasional Skill Arm Meeting), AASAM (Australian army Skill At Arms Meeting. Intinya, Personil Brigif Linud 17 tidak pernah absen dalam mewakili TNI-AD dalam setiap event.

BIODATA

Nama : Muslimin Akib

Pangkat : Kolonel Infanteri

Lahir : 19 Januari 1960

Jabatan : Komandan Brigif Linud 17 Kujang I Kostrad

Isteri : Mayor Cks. Drg. Sosiawati Akib

Pendidikan

- Akademi Militer Magelang (1985)

- Kursus Pelatih OLI

- Pendidikan Seskoad

Karir

- Dandema Brigif Linud 18 di Jabung, Malang

- Wadan Yonif Linud 501 di Madiun

- Kasiops Sop Divisi

- Komandan Yonif Linud 503

- Kepala Staff Brigif Linud 17 Kujang I kostrad

- Staf Perencana Latihan Gabungan TNI

- Komandan Brigif Linud 17 Kujang 1 Kostrad

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

AMSI : Organisasi yang Memperjuangkan Security Jumadi: Tak Ada Manusia yang Sempurna

5 Komentar Add your own

  • 1. denmas kusuma  |  Juli 1, 2010 pukul 3:02 pm

    Beliau selesai sus OLI thn 1986 bkn thn 1996 biografinya masih byk kekurangan dan belum lengkap jgn diterbitkan klo blm lengkap seskogab TNI blm masuk, latihan gab TNI blm,jabatan skrg sbgai Danrindam Jaya blm msk, riwayat penugasan operasinya & kenaikan pangkatnya dimedan ops blm dicantumkan, ttg makanan kesukaanya juga blm, kronologi karier jabatan masih blm lengkap , tlg diperbaik cari info yg lebih konkrit dan akurat, Thank”s….

    Balas
  • 2. mario  |  Mei 2, 2011 pukul 3:36 pm

    maaf,nama orangtua beliau bukan Halidi.yang benar
    Muhammad Akib.

    Balas
    • 3. Wahyu Surya  |  Oktober 21, 2011 pukul 5:14 am

      Pa Mario, mungkin saya kenal waktu saya sering ikut Pak Muslimin Akib ketika saat itu jadi Danyon 503. Dari tahun 2001 sampai sekarang saya nggak pernah lagi ketemu sama keluarga Pak Muslimin Akib. Kalau boleh saya minta No. Hp Bapak Muslimin Akib, soalnya dulu pernah punya tapi hilang. Trims. Wahyu Surya (081220395453)

      Balas
  • 4. Wahyu Surya  |  Oktober 21, 2011 pukul 5:10 am

    Saya sebagai operator Pasis di Seskoad waktu Bapak Muslimin Akib sekolah sangat terkesan akan kesabaran dan semangat belajarnya yang kuat. Maju terus Pak Muslimin Akib, semoga Alloh SWT selalu bersamamu. Amien.
    Dari : Wahyu Surya (Bandung-081220395453)

    Balas
  • 5. ranger joes  |  Desember 18, 2012 pukul 7:26 am

    I don’t even know the way I ended up here, but I assumed this publish was once good. I don’t understand who you might be however definitely
    you’re going to a well-known blogger for those who are not already ;) Cheers!

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


SAVE PALESTINA


FREE PALESTINE | CONDEMN ISRAELI OCCUPATION


Maret 2010
S S R K J S M
    Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Top Rated

Blog Stats

  • 7,062 hits

Tuker Link

Link to us, we did link you back :

Kolom blog tutorial

Kolom blog tutorial

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Arsip

Pembaca Blog-Ku

      


Heru Lianto       

Chatt With Me

                   

Save Gaza


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: